Ayat-Ayat Ruqyah

Sobat albana yang dirahmati allah…. Pada dasarnya kita bisa melakukan ruqyah terhadap diri kita sendiri. Berikut ini ayat-ayat ruqyah dan sandaran hadits tentang tata cara ruqyah yang biasa dibacakan untuk meruqyah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

1. QS. Al-Fatihah
2. QS. Al-Baqarah ayat 1-5
3. QS. Al-Baqarah ayat 102
4. QS. Al-Baqarah ayat 163-164
5. QS. Al-Baqarah (Ayat Kursi) ayat 255
6. QS. Al-Baqarah ayat 285-286
7. QS. Ali-Imran ayat 18-19
8. QS. Al-’Araf ayat 54-56
9. QS. Al-’Araf ayat 117-122
10. QS. Yunus ayat 81-82
11. QS. Toha ayat 69
12. QS. Al-Mukminun ayat 115-118
13. QS. As-Soffaat ayat 1-10
14. QS. Al-Ahqaaf ayat 29-32
15. QS. Ar-Rahman ayat 33-36
16. QS. Al-Hasyr ayat 21-24
17. QS. Al-Jin ayat 1-9
18. QS. Al-Ikhlas
19. Al-Falaq
20. QS. An-Naas

Hadits sandaran berkaitan Ruqyah

Nabi Muhammad SAW meruqyah dirinya sendiri tatkala akan tidur dengan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas lalu beliau tiupkan pada kedua telapak tangannya, kemudian usapkan ke seluruh tubuh terjangkau oleh kedua tangannya. (HR Al-Bukhari )

Jabir Bin Abdullah r.a. berkata, “Seseorang di antara kami disengat kalajenking. Kemudian Jabir berkata, “Wahai Rasulullah apakah saya boleh meruqyahkannya? Maka beliau bersabda, “Barangsiapa di antara kalian yang sanggup memberikan manfaat kepada saudaranya, maka lakukanlah” ( HR. Muslim )

Aisyah R.A. juga mengatakan, “Rasulullah SAW memerintahkan padaku agar aku minta ruqyah dari pengaruh ‘ain ( mata yang dengki ).” ( HR Muslim )

Dari Abu Sa’id Al-Khudhri r.a., Jibril mendatangi Nabi SAW, lalu berkata, “Wahai Muhammad apakah engkau mengeluh rasa sakit?” Beliau menjawab, “Ya!” Kemudian Jibril meruqyahnya , “Bismillahi arqika, min kulli syai’in yu’dzika, min syarri kulli nafsin au ‘aini hasidin, Allahu yasyfika, bismillahi arqika” ( “Dengan nama Allah aku meruqyahmu, dari segala hal yang menyakitimu, dan dari kejahatan segala jiwa manusia atau mata pendengki, semoga Allah menyembuhkan kamu, dengan nama Allah saya meruqyahmu”) ( HR Muslim )

Aisyah R.A. berkata, “Biasanya Rasulullah SAW apabila ada seorang yang mengeluh rasa sakit, beliau usap orang tersebut dengan tangan kanannya, kemudian berdoa, “Hilangkanlah penyakit wahai Rabb manusia, sembuhkanlah kerana Engkaulah pemberi penyembuh, tiada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tiada meninggalkan penyakit” ( HR Muslim )

Uthman Bin Abil ‘Ash R.A. datang menemui Rasulullah SAW mengadukan rasa sakit pada tubuhnya yang dia rasakan semenjak masuk Islam, kemudian Rasulullah SAW berkata, “Letakkan tanganmu pada tempat yang terasa sakit, kemudian bacalah “Bismillahi” ( dengan menyebut nama Allah ) tiga kali, dan bacalah “A’uzu billahi wa qudrotihi min syarri ma ajidu wa uhadziru” ( aku berlindung dengan Allah dan dengan qudrat-Nya dari kejahatan yang aku dapati dan yang aku hindari ) tujuh kali.” ( HR. Muslim )

Sumber :
http://adriwindrardi.wordpress.com/2009/03/25/urutan-ayat-ayat-ruqyah/

Satu komentar di “Ayat-Ayat Ruqyah

Tinggalkan komentar